Bahaya Pada Kosmetik Yang Kadaluwarsa

1. Berbentuk bubuk (perona mata, perona pipi dan bedak)

     Hanya bisa tahan hingga 2thn, buang lebih cepat kalau sudah meringkil (bulet2 kecil menyatu) atau mengkilap secara mencurigakan. Info/Tip : bedak yang rusak itu bila sudah mengkilap atau tidak mulus lagi, itu tanda kelembabannya sudah hilang.

2. Maskara (pensil mata cair)

     Jangka waktu 3-4bln. Buang lebih cepat jika produk mengering atau mata merah. Info/Tip : Ganti lebih sering. Karena bakteri dapat pindah dengan mudah dari mata ke dalam wadah kosmetik melalui kuasnya, jika terkena infeksi mata, buang semua make-up mata dan pakai produk baru setelah sembuh. 

3. Lipstik

     Jika berbentuk tube dengan aplikator bertahan selama 1th, jika dioleskan langsung atau dengan kuas jangka waktunya 2th. Jika merasa sariawan atau terdapat infeksi pada bibir, lebih baik lekas dibuang. Info/Tip : Aplikator pada lipgloss meneruskan bakteri ke dalam tube. Biar lebih higines/bersih lebih baik ganti aplikator dengan kuas yg dpt dicuci. Kalau nantinya terkena infeksi di area mulut, hentikan pemakaian dan gunakan kosmetik yang baru setelah sembuh.

4. Sunscreen & Sunblock

    Jangka waktu hingga 1th. Jika tanggal kadaluwarsa sudah lewat lebih baik dimusnahkan eh dibuang saja. Info/Tip : Biasanya pada produk ini sudah tertera tanggal kadaluwarsanya, tapi karena bahan aktifnya bisa rusak oleh waktu alangkah lebih baik selalu buang 1th setelah dibuka

5. Foundation Cair

     Jangka waktu hingga 2th. Jika warnanya berubah atau pecah dan tidak mulus lagi, alangkah lebih baik jika dibuang saja. Info/Tip : Oksigen yg menyusup kedlm foundation ketika kita membuka dan menutupnya dapat merusak produk tersebut lebih cepat. Tutup dengan baik atau pilih dengan dispenser

6. Pensil

    Jika diserut dengan teratur bertahan hingga 3th. Jika pensil mengering atau melunak sampai meleleh lebih baik dibuang saja. Info/Tip : Dengan kita sering meraut pensil, maka kita sama juga membuang bagian yang kontak dengan wajah tempat bakteri hidup. Tutup pensil dengan baik agar tidak terkontaminasi bakteri lain.

7. Pelembab Wajah & Tubuh

    Jika dalam bentuk pot dapat bertahan hingga 2th, namun bila dalam bentuk dispenser bertahan hingga 2-3th. Jika aroma atau konsistennya berubah maka lebih baik dibuang saja. Info/Tip : Pelembab dalam dispenser dengan pompa akan mengurangi kontaminasi bakteri dan memperpanjang usia produk tsb. Namun jika lebih menyukai yang berbentuk pot alangkah lebih baik menggunakan spatula jangan colek dengan jaritangan. (WARNING : Krim organik dan alami bisa tahan lebih lama jika disimpan dalam lemari es)

8. Wewangian

   Bertahan kurang lebih 2th, buang jika baunya berubah

Sumber : Majalah Nirmala (Naskah : Hiang Marahimin, Info/Tip : Anne Marie Fine; spesialis naturopati dan kulit dari Arizona,USA)

Tentang pinguin

pendiam kalau baru kenal,,,selain itu orang lain yang menilai ^_^
Pos ini dipublikasikan di Artikel Asik. Tandai permalink.

tinggalkan jejak walaupun hanya 1 kata untuk membuktikan kalian berkunjung kemari

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s