Tradisi Mendongeng Yang Semakin Hilang

Waktu lagi asik2nya melihat TV ternyata yang dibahas pada topik saat itu adalah hilangnya tradisi mendongeng pada jaman modern &  serba canggih. Disini aku ingin berbagi juga mengingatkan untuk para orang tua ataupun calon orang tua akan baiknya tradisi mendongeng untuk anak-anak.

Masih ingatkah kita semasa kita kecil saat waktu tidur Ibu kita selalu mendongengkan cerita untuk menemani tidur kita, entah itu dongeng rakyat ataupun dongeng tentang putri. Di jaman yang serba modern dan canggih sekarang ini tradisi mendongeng sebelum tidur ( kok jdi kek lagunya Wayang ya?😆 )

Anak-anak jaman sekarang lebih suka melihat sinetron ataupun infotainment yang jelas-jelas adalah tayangan yang kurang baik untuk usia mereka. Ataupun kartun dimana tidak banyak yang menyisipkan hikmah dari cerita tersebut seperti yang terdapat dalam dongeng-dongeng dahulu. Tradisi ini juga berperan penting kepada sang orang tua, karena tanpa bantuan dri orang tua mereka tak akan pernah mengenal yang namanya dongeng2 yang menyiratkan sebuah atau lebih makna (hikmah) yg dapat menjadi perbaikan dlm kehidupan sehari2 kita.

“Ternyata lebih efektif bila kita memberi tahu anak-anak melalui dongeng drpd kita memarahi mereka secara langsung”, kata Shannaz Haque. Yupz,,artis kita tsb ternyata sudaha lama menerapkan mendongeng sebelum tidur untuk anak-anak dia bersama dengan suaminya yaitu Gilang Ramadhan, dan usut punya usut ternyata sang ayah juga terkadang ikut serta dalam berperan mendongeng untuk anak-anak mereka. Sehari tanpa dongeng sebelum tidur rasanya tidak enak, itulah yg terucap dri mulut anak Shannaz-Gilang yg sudah terbiasa dri kecil didongengkan oleh org tua mreka.

Dalam sebuah penelitian juga memaparkan bahwa waktu yang tepat untuk mendongeng adalah ketika anak beranjak akan tidur, karena ketika akan tidur otak anak membutuhkan refreshing setelah seharian bermain dan beraktifitas. Dengan semakin hilangnya tradisi mendongeng, bagaimana kalau kita hidupkan kembali tradisi tsb🙂 Mari kita mulai dari keluarga kita sendiri untuk memunculkan kembali tradisi tsb.

Tentang pinguin

pendiam kalau baru kenal,,,selain itu orang lain yang menilai ^_^
Pos ini dipublikasikan di Artikel Asik. Tandai permalink.

9 Balasan ke Tradisi Mendongeng Yang Semakin Hilang

  1. Ping balik: Link Pendidikan, Tutorial, Tips dan Trik, dan Informasi Umum « DEWA SASTRA

  2. Ely Meyer berkata:

    sementara ini aku sering mendongeng buat suamiku sebelum tidur🙂

  3. Ida Ratna Isaura berkata:

    semoga saia nantinya termasug yang akan melestarikan tradisi mendongeng pada anak🙂
    karena dulu saia juga mendapatkannya semasa kecil🙂
    hehehhe

  4. enth berkata:

    alkhamdulillah, istriku (kebetulan guru TK) masih sering ndongen buat anakku

  5. Ping balik: Eksistensi dan Fungsi Fitrah Bagi Kehidupan Manusia « DEWA SASTRA

tinggalkan jejak walaupun hanya 1 kata untuk membuktikan kalian berkunjung kemari

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s