Teori 1000

Salah satu teori yang pernah disampaikan Haji Abdul Malik Karim Amrullah atau yang lebih dikenal  dengan panggilan Buya Hamka namanya adalah TEORI 1000. Teori tsb sebenarnya mengacu pada sabda Nabi yang berbunyi, “Wanita itu biasanya dinikahi karena 4 perkara : hartanya, kecantikannya, keturunannya, dan agamanya. Karena itu, pentingkanlah agamanya, pasti engkau akan beruntung!” (HR. Bukhari dan Muslim).

 

Harta bernilai “nol”, kecantikan atau ketampanan bernilai “nol”, keturunan bernilai “nol”, sementara agama di mata Allah subhannallahu wa ta’ala dan Rosul-Nya bernilai “satu”. Siapa yg menikah krn berdasarkan harta, kecantikan atau ketampanan, serta keturunan, berarti bernilai “nol”. Meski dijajarkan sepanjang apapun, angka “nol” tetap tidak “BERNILAI”. Karena itu, siapapun yg menikah berdasarkan salah satu dr ketiga hal tsb atau krn ketiga sekaligus, di mata Allah subhannallahu wa ta’ala dan Rosul-Nya pernikahan tsb dianggap tak bernilai. Bila pernikahan tak bernilai, berarti tidak akan berkah.

 

Sementara itu, siapa saja yg menikah krn “agama”, ia akan mendapatkan nilai “satu”. Angka “satu”, bila ditaruh didepan angka “nol”, angka “nol” tsb menjadi BERNILAI dan bahkan menjadi pelipat ganda angka. MIsalnya, “satu” tambah “nol” berarti “10 (seuluh)”, tambah satu “nol lagi menjadi “seratus”, tambah lagi menjadi “seribu”, begitu seterusnya. Nah, sekarang silahkan berlomba-lomba mendapatkan jodoh yg bernilai “seribu”. BIla belum juga mendapatkan yg “seribu”, silahkan pilih yg “seratus”. Jika yg “seratus” tdk ada, pilihlah yg bernilai “sepuluh”. Seandainya yg bernilai “sepuluh” ternyata juga susah, padahal usia semakin bertambah, segera ambil yg bernilai “satu”.

 

Namun, yg perlu diingat kendati sisi agama bernilai “satu”, itu bukan berarti poin ini dianggap bernilai murah. Kita ketahui, bila agama seseorang sudah bagus, hal tsb akan melahirkan “kekayaan bathin” yg luar biasa. Kekayaan bathin adalah modal utama utk mengundang kekayaan lahir atau materi. Disamping itu, kesempurnaan agama juga bisa melahirkan “cantik hati”. Kecantikan hati atau inner beauty adalah kecantikan yg sesungguhnya. Bila inner beauty terus memancar, ia akan membuat wajah yg biasa menjadi cerah dan menarik hati. Bukankah ukuran kecantikan wajah itu sangat relatif, tergantung siapa yang memandang. Karena itulah Allah subhannallahu wa ta’ala mengingatkan kita agar tetap teguh memilih yg baik agamanya (beriman) dan meninggalkan yg buruk agamanya (kafir), meski ia cantik atau ganteng. Berikut arti dari firman Allah Ta’ala dalam surat Al – Baqarah ayat 221 :

 

” Dan janganlah kalian menikahi perempuan – perempuan musyrik, sebelum mereka beriman. Sungguh, perempuan sahaya yang beriman lebih baik daripada perempuan musyrik walaupun ia MENARIK HATIMU. Dan janganlah kalian menikahkan orang – orang musyrik dengan perempuan – perempuan yang mukmin sebelum mereka beriman. Sungguh, sahaya yang mukmin lebih baik daripada orang – orang yang musyrik, walaupun ia sangat menarik hatimu. Mereka mengajak kalian ke neraka, sedangkan Allah mengajak ke surga serta ampunan atas izin-Nya.”

 

Mereka yang kesulitan mencari jodoh, meski bernilai “satu”, cobalah merenung dan mengoreksi diri. Jangan – jangan masih banyak kekurangan, seperti kurang ilmu atau kurang iman. Ilmu jodoh sebenarnya sudah jelas : yang baik akan berjodoh dengan yang baik, yang keji akan berjodoh dengan yang keji pula.

 

Teori 1000 yang dimaksud Buya Hamka dapat dijabarkan sbb :

Ketika mendapatkan jodoh yg “bagus agamanya”, itu berarti dapat nilai “satu”. Bila dapat jodoh yg tak hanya bagus agamanya, tetapi juga “kaya”, berarti mendapat nilai “sepuluh”. Bila ditambah fisik yg rupawan, nilainya bertambah “seratus”. Bila ditambah lagi dengan keturunan orang hebat, itu berarti sangat beruntung karena nilainya “seribu”.

 

 

Sumber : Buku “Jodoh Untuk Semua” oleh Ustaz Cinta – Motivator Jodoh Indonesia

Tentang pinguin

pendiam kalau baru kenal,,,selain itu orang lain yang menilai ^_^
Pos ini dipublikasikan di Islam. Tandai permalink.

tinggalkan jejak walaupun hanya 1 kata untuk membuktikan kalian berkunjung kemari

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s